Kenal Medan 2021

UKM PA Green Campus membuat suatu kegiatan bernama KENAL MEDAN 2021, dimana kegiatan ini ditujukan kepada ALD (anggota lulus diklat) untuk menjadi AM (angkatan muda). Demi mendapatkan generasi baru, maka UKM PA Green Campus menyelenggarakan kegiatan KENAL MEDAN 2021 , dengan menggunakan dua metode yaitu, Metode Daring dan metode luring.
Metode daring dilaksanakan pada 12-13 Maret 2021 Jumat dan Sabtu. Dalam metode ini kami menggunakan alat bantu Zoom Meeting dalam menyampaikan materi, karena situasi dan kondisi saat ini yaitu Covid 19, Sedangkan pelaksanaan metode luring diadakan di tanggal 14 Maret namun diundur ditanggal 28 Maret karena di kampus STKIP PGRI Jombang mengadakan acara wisuda, Oleh karena itu metode luring dilaksanakan 28 Maret 2021 bertepatan dengan hari Minggu. Metode ini adalah metode penerapan dari materi yang disampaikan oleh pemateri pada tanggal 12-13 maret, metode luring kami laksanakan di Wall Climbing dengan kegiatan mengaplikasikan Rock Climbing (RC).
Menurut Meisa Muqtadiroh Purwanti selaku ketua pelaksana kegiatan, hanya ada 6 Angkatan Lulus Diklat (ALD) yang mengikuti kegiatan ini, mereka adalah:
1. Citra Damayanti, dari Prodi Bahasa Indonesia
2. Meisa Muqtadiroh Purwanti, dari Prodi Ekonomi
3. Lisa Nur Hanifah, dari Prodi Bahasa Indonesia
4. Rosi Novita Rizki, dari Prodi Bahasa Inggris
5. Wahyu Fitriyahningsih, dari Prodi Bahasa Indonesia
6. Wahyu Prasetyo, dari Prodi PPKN
“Ini kali pertama UKM PA Green Campus melaksanakan kegiatan kenal medan di dalam kampus, biasa nya setiap tahun kenal medan dilakukan di luar kampus atau tepatnya di alam bebas” Ujar Yefi Indah Wahyuni selaku Ketua Umum UKM PA Green Campus STKIP PGRI Jombang.
“Dihari pertama dan kedua peserta kenal medan sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti daring dengan menggunakan zoom meeting, materi yang diberikan meliputi pembuatan artikel, anveg, herbarium, sosped, manajemen perjalanan, survival makanan, survival bivak alam, orientasi peta, resection dan intersection, tali-temali, anchor repling serta repling yang disampaikan oleh pemateri. Para peserta sangat aktif dan sering melontarkan pertanyaan kepada pemateri mengenai materi yang tidak mereka pahami” Ujar salah satu pemater yaitu Reza Maulana.
Selanjutnya pelaksanaan kegiatan secara luring dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2021 yang berada di area wall climbing STKIP PGRI Jombang dimulai pada pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pengenalan alat rock climbing hingga pengaplikasian resection dan intersection, tali-temali, anchor repling, dan repling. kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan RC yaitu memanjat dengan menggunakan kekuatan tangan dan otak, dengan tumpuan terletak pada batu yang dipegang serta menggunakan pengaman. Peserta Kenal Medan sangat antusias dalam mengaplikasikan bagian-bagian yang terdapat dalam divisi RC
“Ternyata memanjat itu asik ya, ada kepuasan tersendiri jika kita memanjat sampai finish” Ujar Meisa Muqtadiroh Purwanti salah satu peserta Kenal Medan yang ingin mengambil divisi RC.

Foto pelaksanaan Kenal Medan 2021 secara luring di area Wall Climbing STKIP PGRI Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *